Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 01 Februari 2014

TEMPAT PERIBADATAN DI DESA PAJERUAN

Desa-Pajeruan.blogspot.com - Desa Pajeruan mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Semua lapisan masyarakatnya memeluk agama Islam, dengan tingkat religius yang cukup tinggi. Terbukti antarlapisan ekonomi yang walaupun berbeda dan letak rumah yang tidak semua berdekatan, namun jalinan interpersonalnya sangat kuat. Desa Pajeruan tidak memiliki tempat peribadatan selain Masjid.

Tempat peribadatan merupakan salah satu tempat yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi dengan masyarakat Pajeruan yang islami, banyak pemondokan dsb. Tempat peribadatan tidak hanya penting namun juga sakral. Dengan kesakralan ini maka setiap wilayah harus mempunyai tempat peribadatan.


Dari delapan dusun yang ada di Pajeruan, setiap dusun sudah memiliki masjid/musholla sendiri. Namun saat mata memandang, maka dusun Lonnangkah dan Takombung yang memiliki masjid yang sudah bagus menunjukkan ciri masjid yang dibangun di perkotaan.
Masjid di dusun Mangngar dan Lek-Kolek memang tidak sebagus dan sebesar di Takombung dan Lonnangkah. Namun dua masjid di dusun ini masih bisa untukdijadikan tempat sholat jum’at dan tempat mengaji/TPQ sekalipun. Masjid di Dusun Takombung kalau sore hari rutin menjadi tempat mengaji kitab dan pengajian untuk anak - anak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text