Pages

Ads 468x60px

Jumat, 31 Januari 2014

HASIL ALAM DESA PAJERUAN


Desa-pajeruan.blogspot.com - Sebagai negara agraris yang membentang panjang dari sabang-merauke, Indonesia kaya akan lahan pertanian. Desa pajeruan kaya akan hasil alam berupa pertanian. Linkungan yang masih sangat alami dan jauh dari polusi dan limba.

Padi
Salah satu tempat yang kaya akan lahan pertanian ialah Desa Pajeruan, Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang. Sepanjang mata memandang maka kita akan dihadapkan pada hamparan sawah yang luas. Masyarakat memanfaatkan lahan pesawahan mereka untuk menanan padi. Padi mereka merupakan salah satu kualitas unggul sehingga sering dibeli oleh tengkulak.

                               



Jagung

Lahan pertanian tak hanya ditanami oleh padi, areal pesawahan masyarakat juga ditanami jagung yang hasilnya bisa dipanen dalam tiga bulan sekali. Oleh mereka, jagung sering hanya dijemur untuk pengeringan dan hasilnya dijual ke tengkulak untuk makan burung dan nasi jagung. jagung juga sering dijual mentah per kilogram. Jagung di desa ini sebenarnya bisa diolah menjadi produk UMKM warga.





Pisang

Pisang di desa Pajeruan beragam jenis mulai pisang raja, pisang susu, pisang barlin, dan lain-lain. Oleh warga, pisang juga dijual mentah seperti jagung. Pisang hampir bisa dipanen setiap hari karena lahan untuk menanam pisang cukup luas. Hampir setiap rumah warga pasti memiliki pohon pisang. Hanya saja belum ada usaha untuk menjadikan pisang sebagai produk usaha mereka.


Singkong
Singkong (Menyok dalam sebutan masyarakat Sampang) merupakan tanaman yang jumlahnya juga melimpah. Oleh warga, singkong juga dijual mentah dan beberapa dimanfaatkan sendiri untuk konsumsi pribadi seperti dibuat kolak atau singkong goreng. Sempat beberapa warga membuka bisnis keripik singkong namun karena kurang modal akhirnya tutup.

Perternakan
Meski jumlahnya tidak banyak, peternakan juga ada di desa ini. Beberapa warga beternak, sapi, bebek, kambing, ayam, dan sapi. Peternakan ini ada karena persediaan rumput yang begitu melimpah di sepanjang jalan yang menyambungkan empat dusun di desa ini. Beternak kambing adalah yang paling mendominasi.







0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text