Pages

Ads 468x60px

Senin, 03 Februari 2014

PENDIDIKAN DI DESA PAJERUAN


Desa-pajeruan.blogspot.com - Pendidikan bisa diklasifikasikan menjadi dua, yaitu pendidikan umum dan pendidikan keagamaan. Pendidikan umum di desa ini ada enam gedung yaitu 1 madrasah ibtidaiyah (MI), 4 sekolah dasar (SD) dan 1 SMP. Madrasah ibtidaiyah (MI), SDN II dan SMPI berlokasi di Dusun Lonnangkah, sementara SDN I terletak di dusun Burnih dan SDN III di dusun Takat Barat. Sedangkan SDN IV berlokasi di dusun Mangngar.


Dengan letak delapan sekolah ini, maka mayoritas anak-anak yang lebih dekat dengan SDN Pajeruan, maka bersekolah di sekolah ini. Sementara anak-anak di Dusun yang jauh dari lokasi sekolah SDN memilih ke MI karena pertimbangan jarak yang juga lebih dekat. Sekedar perbandingan bahwa siswa yang besekolah di SD jauh lebih banyak ketimbang di MI dan SMPI Islam An-Nur.

Jika siswa di SD umumnya di atas 40 siswa per kelas, maka di MI kurang dari itu. Bahkan untuk kelas dua di MI hanya 15 orang, kelas lima 22 siswa, dan kelas enam 25 siswa.

Bangunan fisik memang mempengaruhi minat siswa untuk bersekolah. Namun antara MI, SD dan SMP yang ada sebenarnya sama-sama sedang dalam proses pembangunan dan renovasi. Untuk di MI dan SD sedang dilakukan penambahan pembangunan gedung, sedangkan di SMP sedang dilakukan renovasi tata letak halaman sekolah.


Sedangkan dari segi pendidikan keagamaan, masing-masing dusun mempunyai TPQ sendiri-sendiri. Hanya dusun Lek-Kolek yang belum punya dan saat ini masih bergabung dengan dusun yang paling dekat yaitu Mangngar. TPQ di Lonnangkah dan Takombung relatif ‘megah’ karena bangunan fisik dapat dikategorikan memadai dengan jumlah santri yang begitu banyak. Maka tidak mengherankan jika pada sore hari akan diramaikan dengan suara-suara anak yang membaca Al-Qur’an atau Iqro’


                            

                            

                            
                            
                            

                            

1 komentar:

  1. salam kangen ke kepala desa pajeruan, segera kunjung ke Kolek

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text