Pages

Ads 468x60px

Jumat, 31 Januari 2014

KESEHATAN DI DESA PAJERUAN

Desa-pajeruan.blogspot.com Kesehatan juga merupakan bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat. Ada ungkapan bahwa “Healthy will directs you to the umphil good performence of life”, yakni petikan bait dari William Shakesphere bahwa kesehatan akan mengarahkan mu pada puncak penampilan hidup yang baik. Maka sudah menjadi hal wajib bahwa kesehatan itu harus dimiliki oleh tiap individu.


Fasilitas kesehatan dapat diuraikan melalui 3 jenis yaitu bidan desa, puskesmas tingkat kecamatan, dan ketersediaan MCK umum. Mengenai bidan desa sudah ada di dusun Takombung, dengan adanya bidan desa ini maka para perempuan atau keluarga tidak perlu jauh-jauh ke puskesmas kecamatan. Biaya yang dipatok oleh bidan desa juga jauh lebih murah, hanya saja tidak setiap saat bidan ini ada, sebab beliau juga bekerja di salah satu Puskesmas Banjar di kecamatan Kedundung.


Puskesmas kecamatan terletak di Banjar, tidak hanya masyarakat dari desa Banjar yang memanfaatkan puskesmas ini namun juga seluruh masyarakat yang berasal dari kecamatan Kedundung. Melalui puskesmas inilah diperoleh info bahwa desa Pajeruan yang terdiri dari delapan dusun hingga sejauh ini belum ditetapkan sebagai daerah endemik penyakit apapun. Artinya wabah penyakit menular atau yang membahayakan yang lainnya belum terjadi sejauh ini. Namun menurut penuturan Ibu Elin bidan desa Pajeruan menyatakan bahwa di dusun Takombung pernah diderah demam berdarah, menjangkiti beberapa warganya sehingga diadakan fogging.

Mengenai ketersediaan MCK (Mandi Cuci Kakus) tidak ditemui adanya MCK umum. Meski kesenjangan sosial masih terjadi, namun MCK umum justru tidak ada. Setiap rumah tangga tidak banyak memiliki MCK sendiri-sendiri di rumahnya, bahkan hampir semua masyarakat tidak memiliki sanyo di rumahnya masing-masing

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text